Bisa beli PDF-nya, Pak?

Sunday, February 1, 2009

Format dokumen PDF pertama kali dikenalkan oleh Adobe System (http://www.adobe.com), hasil dari pengembangan Dr. John Warnock di awal tahun 90-an. Proyek PDF dimaksudkan membuat format file untuk distribusi dokumen di dalam perusahaan yang dapat ditampilkan di berbagai platform komputasi.

PDF akhirnya menjadi format dokumen yang universal dan lintas platform, karena tersedia di berbagai platform komputasi. Program untuk membaca dokumen PDF dalam berbagai platform disediakan secara gratis untuk didownload oleh Adobe System. Plug-in program pembaca untuk browser populer juga tersedia, sehingga dokumen PDF dapat dibaca langsung secara online dari situs internet tanpa perlu mendownload dokumen dan membacanya denga program yang terpisah dari browser web.

PDF memiliki beberapa fitur keunggulan antara lain:

  • Universal dan Lintas Platform.
    Dokumen PDF dapat dibaca di berbagai platform, bahkan dapat dibaca secara online melalui browser yang telah dilengkapi dengan plug-in pembaca PDF. Tools dan printer driver untuk membuat dokumen PDF pun banyak tersedia. Keunggulan ini menyebabkan dokumen PDF dapat digunakan secara luas di seluruh dunia.
  • Yang Anda Lihat, Yang Anda Dapatkan.
    Berbeda dengan format HTML/SGML, PDF lebih dapat menjamin apa yang ditampilkan pada monitor, maka serupa itu pula yang akan kita dapatkan jika dokumen dicetak. Dengan format HTML/SGML, maka hasil cetakan bisa jadi akan berbeda dengan yang tampak di monitor, bahkan dokumen yang tampak di monitor pun bisa jadi berbeda-beda tergantung dari browser yang digunakan. Hasilnya, PDF sangat sesuai digunakan untuk menampilkan informasi kritis yang tidak memperbolehkan variasi dalam presentasinya, misalnya invoice, tanda terima, dan laporan-laporan baku lainnya.
  • Hemat Ukurannya.
    Secara native file PDF telah dikompresi sedemikian rupa, sehingga ukuran filenya akan lebih kecil daripada jika file tersebut dalam format HTML, misalnya. Kecilnya ukuran file PDF ini menyebabkan PDF populer digunakan untuk tukar-menukar dokumen lewat internet karena tidak memboroskan bandwidth data.
  • Pengamanan Dokumen Dapat Diandalkan.
    PDF juga memiliki fitur pengamanan dokumen dari kemungkinan pencurian isi, duplikasi, dan pencetakan dokumen oleh yang tidak berhak. Sebuah dokumen PDF dapat pula diberikan tanda tangan digital (digital signature) sehingga penyebaran dokumen dapat lebih dikendalikan. Fitur ini tidak dimiliki oleh format dokumen universal seperti HTML/SGML.

Benarkah Perlu PDF?

Kecuali jika Anda hanya ingin bekerja dengan dokumen-dokumen non presisi dan tidak menginginkan kemudahan bertukar dokumen, maka Anda kemungkinan besar membutuhkan format dokumen PDF.

Jika Anda ingin:

  • membuat invoice, order pembelian, surat pengangkutan, tanda terima, dan dokumen komersial untuk situs e-commerce atau aplikasi berbasis web
  • membuat laporan dari aplikasi berbasis web dengan format yang presisi yang tidak memperkenankan variasi hasil cetakan
  • membuat cetakan form isian dari web dengan hasil yang seragam
  • membuat dokumen lain yang membutuhkan pengendalian baik terhadap distribusi dokumen maupun presisi dan kualitas cetakan, serta dapat dipertukarkan secara mudah,
Saya berani memberi saran kepada Anda untuk menghindari kerja keras memformat dokumen dalam bentuk HTML dengan menggunakan format dokumen PDF. Sebagai pecinta PHP, Anda benar-benar dimanjakan karena PHP memiliki kemampuan untuk membuat dokumen PDF.

from : http://ikc.cbn.net.id/berseri/ivan-php/pdf-dan-php.php

0 comments: